Garudafood Mengundang 3GO untuk Pengambilan Sampel Sludge

kunjungan 3GO ke PT. Garudafood-dok. 3GO

Pada Jumat (23/08/2019) 3GO mengunjungi Garudafood untuk pengambilan sampel sludge (limbah berupa lumpur) dan melakukan diskusi. Komunitas 3GO diwakili Ketua 3GO Eny Prasetyowati, SP dan pengurus pusat 3GO Retno Wijayanti, SP dan Bambang Aris Munandar, SE. Sementara Garudafood diwakili Divisi Safety, Health & Environment Departement Human Capital Services, Agustina Indra Ardhianti, ST dan Bambang Ribut Armono, ST.
diskusi dengan PT. Garudafood-dok. 3GO

Bambang Aris Munandar, SE dari 3GO mengambil sampel sludge Garudafood untuk diujicobakan pada tanaman kacang tanah, sayuran dan padi. Garudafood berharap 3GO bisa membantu mereka untuk mengolah sludge tersebut menjadi pupuk organik sehingga para petani bisa memanfaatkannya. Jika memungkinkan bisa dikelola perusahaan sendiri menuju zero waste atau dikelola bantuan pihak ketiga.

Menurut Ketua 3GO, Eny Prasetyowati, SP awal mula PT Garudafood mengundang 3GO untuk mengambil sampel sludge yaitu ketika Garudafood mengikuti lokakarya (workshop) yang dilakukan 3GO bekerjasama dengan UGM pada 20 Juli 2019 lalu. Setelah lokakarya tersebut, PT. Garudafood menghubungi 3GO bermaksud untuk mengunjungi sekretariat 3GO. Lalu ketika berkunjung ke 3GO mereka pun berbagi pengalaman mereka dalam menangani limbah cairan/air limbah yang diolah dan diubah menjadi air bersih. 

Dalam kunjungan tersebut, PT. Garudafood juga menceritakan kesulitan dalam mengolah limbah sludge. Melalui kunjungan tersebut Garudafood berharap limbah sludge bisa diolah juga menjadi pupuk organik sehingga bisa bermanfaat bagi petani. 3GO mengambil sampel sludge untuk diujicoba diolah menjadi pupuk organik padat maupun cair. “Mudah-mudahan 3GO bisa membantu. Harapannya bisa zero waste, limbahnya bermanfaat atau bahkan nol limbah.”tegasnya.


Komentar

  1. Caranya bergabung dengan komunitas pripun nggeh ? Pengen ikut belajar pertanian organik . Suwun

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kuliah Online Group WhatsApp 3GO : Pakan Unggas oleh Prof. Sofjan Iskandar

Kuliah Online Grup WhatsApp 3GO : Membuat Alat Deteksi Cepat Pencemar (Residu) Pestisida Dari Barang-Barang Yang Ada Disekitar Kita

Forum Ngopi Bareng Session 9 | Adaptasi Terhadap Perubahan Iklim, Khususnya Kekeringan